Manfaat buah Durian

Assalamu’alaikum kawan..:)

Selamat Pagi kawan-kawan..Hari ini lia mau memberi informasi mengenai manfaat durian loh,karena bulan ini kan lagi musim durian di sini….hehe

Buah Durian adalah buah yang dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan jika buah ini akan sama dengan namanya yakni Berduri, tapi jangan salah buah ini ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna untuk Tubuh, Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita kan membahas mengenai Manfaat Buah Durian, Buah ini memiliki ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. buah ini jika matang memiliki aroma yang sangat menyengat sebagian orang tidak menyukai aroma ini namun kebanyakan orang indonesia menyukainya, buah durian di percaya berasal dari Asia Tenggara dan tidak di ketahui dengan pasti di daerah mana buah ini pertama kali tumbuh.

Manfaat Buah Durian
Ilustrasi Buah Durian

Banyak orang yang menjuluki Buah durian ini dengan Nama Raja dari segala Buah atau dalam bahasa Inggrisnya King of Fruit dan Buah ini memiliki Nama Latin Durio zibethinus, Nah terlepas dari Kontroversi tentang buah ini, ternyata buah ini memilki Manfaat yang banyak Banget, mau tau seperti apa,ini nih :

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
  1. Sementara vitamin B kompleks dalam durian memiliki kegunaan bagi kesehatan yang beragam seperti memperbaiki sistem syaraf dan meningkatkan mood.
  2. Kandungan mineral mangan, tembaga, zat besi dan magnesium bermanfaat dalam memproduksi dan pembentukan sel darah merah serta mencegah anemia.
  3. Buah durian segar merupakan sumber kalium yang berguna bagi tubuh. Kalium adalah elektrolit penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.
  4. Bagi anda yang mengalami masalah susah tidur, mengkonsumsi durian dapat menjadi solusinya.
  5. Kandungan asam amino esensia dan tryptophan akan merangsang metabolisme tubuh sehingga lebih mudah untuk tidur (dikenal juga dengan “nature’s sleeping pill”).
  6. Selain itu, zat tryptophan juga memiliki manfaat untuk mencegah depresi, stress serta mengurangi rasa cemas berlebih secara alami.
  7. Bagi perokok aktif yang ingin berhenti, manfaat buah durian bagi kesehatan dapat dilihat dari kandungan vitamin B6, B12, magnesium serta kalium yang membantu tubuh untuk menghilangkan efek ketagihan nikotin
  8. Seperti halnya buah-buahan tropis lainnya yaitu pisang, alpukat dan nangka, durian kaya akan energi, mineral serta vitamin. Dalam 100 g buah durian segar terdapat 147 kalori.
  9. Daging buah durian tersusun dari gula alami seperti fluktosa serta sukrosa dan saat dimakan dapat menghasilkan energi tubuh secara instan.
  10. Kandungan serat di dalam buah durian bermanfaat untuk melindungi selaput lendir usus serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
    Khasiat zat anti-oksidan dan vitamin C buah durian berperan penting dalam membantu tubuh mengembangkan daya tahan terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya.

Nah, untuk kawan yang selama ini masih sungkan untuk mengkomsumsi buah Durian ini, mulai sekarang setelah anda membaca artikel Khasiat Buah Durian ini maka jangan sungkan lagi untuk memakannya, tapi ingat makanlah sekedarnya saja.

Sekian…wassalam..:)

Acara “Maulid Nabi” ajang perbaikan gizi??benarkah?

Hai kawaan……..:)

Alhamdulillah,bulan Maulid Nabi Muhammad sudah datang lagi kawan,tepatnya hari ini nih tanggal 14 Januari 2014..seruu banget pastinnya..

Dikampung lia diadakan acara maulid yang meriah loh,biasanya para warga membawa sajian nasi atau jajan ke masjid.Beragam makanan,jajanan berwarna-warni banyak sekali…

13284608141468497387

Kata banyak orang nih,bulan Maulid itu ajang perbaikan gizi..masak sih??

Menurut lia sih,ada benarnya juga,banyak masyarakat kita yang biasanya dalam kesehariannya gak pernah makan daging,akhirnya dapat mengkonsumsi daging,sebagai salah satu sumber makanan hewani yang bernilai biologis tinggi..

Tapi,tau gak sih??Kalo yang lia liat,kebanyakan makanan maulid itu banyak yang bersantan,pedas,dan jarang tuh ada sayurnya.,walaupun terkadang disediakan buah juga sih.

Tau gak kawan?makanan bersantan itu tidak terlalu baik untuk kesehatan,bisa meningkatkan menyebabkan kolesterol jahat (LDL) meningkat.”Santan itu berbahaya untuk kolesterol karena mengandung saturated fatty acid atau lemak tak jenuh..Lalu,makanan pedas lagi,makanan yang satu ini dapat menyebabkan :

1.Diare
Makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare. Ketika makanan pedas sudah sampai di usus besar, efek iritasi dari makanan pedas ini akan langsung terasa. Kemudian tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus untuk meredakan gejala iritasi. Perlu disadari, setiap orang memiliki kepekaan usus yang berbeda sehingga daya tahan terhadap makanan pedas akan berbeda pula. Jika Anda termasuk sensitif pada makanan pedas, sebaiknya batasi konsumsi makanan pedas.

2.Gastritis
Konsumsi makanan pedas yang terlalu sering dapat menyebabkan permukaan lambung menjadi rapuh dan mudah mengalami luka. Penyakit itu disebut gastritis alias mag, yang terjadi karena adanya peradangan pada lapisan lambung. Pasalnya, lambung yang sering ditimpa makanan pedas mengakibatkan lapisan-lapisannya menipis dan rentan terkena infeksi.

3.Alergi
Pernah merasa lidah Anda terbagi menjadi pola-pola tertentu yang mengakibatkan makanan jadi terasa hambar? Hal tersebut dipercaya sebagai akibat dari alergi pada lidah. Sama halnya dengan makanan atau minuman yang terlalu panas, makanan pedas pun dapat mengakibatkan beberapa bagian lidah alergi sehingga nafsu makan Anda berkurang karena ketidaknyamanan.

4.Sensitivitas lidah berkurang
Pengonsumsian makanan pedas yang berlebihan dapat mengurangi sensasi rasa secara permanen sehingga lidah tidak lagi responsif dalam mengecap rasa. Jika Anda merasa semakin lama semakin kuat mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya berhati-hati. Bukan berarti Anda semakin terbiasa, bisa jadi sensitivitas indera pengecap berangsur aus. Paling fatal, lidah tidak lagi berfungsi maksimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat kita tolerir.

5.Insomnia
Makanan pedas pun dapat mengganggu pola tidur. Sejatinya, tubuh Anda perlu rileks ketika Anda hendak tidur, terutama pada siklus pertama menuju saat terlelap karena makanan pedas juga dapat meningkatkan temperatur tubuh dan memicu detak jantung lebih cepat. Maka hindari makanan pedas sebelum Anda pergi tidur, ya

Apalagi nih ya,sajian makanan maulid jarang ada sayurnya jadi bisa dikatakan kurang seratnya,bisa-bisa pulang acara maulid kita sakit perut…aduhhhh..:(

Nah guys,jadi acara maulid itu tidak selamanya  tuh sebagai ajang sebagai perbaikan gizi,tapi bisa menimbulkan penyakit juga.Seadannya aja ya…

Bahaya Makan Mie Instan dengan Nasi

Malem guys..

Enaknya malem-malem hujan gini makan mie rebus yaa…enak banget pasti..yummmyy

Tapi nih ya,kebanyakan teman-teman lia pada makan mie instan dengan nasi..AIGOOOO…ckckc

Ini kawan Bahaya Makan Mie Instant dengan Nasi

mie instant1 500x261 Inilah Bahaya Makan Mie Instant dengan Nasi

Mie instant sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan oleh sebagian besar penduduk tanah air. Pengolahannya yang tergolong mudah membuat makanan cepat saji ini menjadi andalan ketika menu makanan utama tidak ada. Sementara itu Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. Kadang mengkonsumsi mie intant belum cukup membuat perut kenyang. Maka ditambahkanlah nasi sehingga mie instant campur nasi diharapkan bisa membuat perut kenyang. Namun tahukah sobat Spesial jika mngkonsumsi mie instant dicampur dengan nasi tidak disarankan karena memiliki efek samping berikut ini.

Mie instant dan nasi pada dasarnya mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Bayangkan saja dalam satu porsi mie instan sudah terkandung 400 kalori. Jadi jika satu porsi mie instant ditambah dengan nasi maka perbandingan kalorinya meningkat hingga 700 kalori. Jumlah itu sama dengan makan satu porsi makanan nasi lengkap dengan lauk pauknya. Sementara kebutuhan kalori rata-rata manusia dalam sehari adalah 1500 kalori untuk wanita dan 2000 kalori untuk pria.

Perpaduan karbohidrat dari nasi dan mie instan dapat menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah melonjak drastis. Inilah yang membuat semakin tingginya risiko masalah diabetes. Hanya makan nasi dan mie instan juga tidak memenuhi kecukupan gizi lain seperti protein, serat, vitamin dan sebagainya. Tingginya kalori dari mie instan dan nasi juga membuat tubuh mudah gemuk.

Jika Anda memang suka makan mie instan, sebaiknya batasi, setidaknya seminggu sekali saja. Ketimbang mencampur dengan nasi, akan lebih baik jika mie instan ditambah potongan sayur, daging, telur dan sebagainya. Ingat, mie instan mengandung garam dan MSG yang sangat tinggi, sehingga jumlah yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan Anda.

Soal Jajanan yang Perlu Diajarkan ke Anak

Anak yang sering jajan sembarangan di sekolah memiliki risiko yang lebih besar terhadap masalah kesehatan. Jajanan yang tidak sehat akan menyebabkan anak mudah terserang penyakit seperti diare, kanker dan menurunnya fungsi otak. “Berdasarkan data yang dirngkum oleh BPOM tahun 2008 hingga tahun 2010, sekitar 40 sampai 50 persen jajanan anak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, borax, rhodamin dan cemaran mikroba,” kata Drs. Halim Nababan, MM, Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM dalam seminar ‘Aku Anak Sehat’ oleh Tupperware.

Karena orangtua tidak bisa mengawasi anaknya selama 24 jam penuh, orangtua harus mengajarkan kepada anak-anaknya agar lebih selektif dalam memilih jajanan. Berikut 4 hal yang perlu Anda tanamkan pada anak agar lebih cermat dalam memilih jajanan sehat di sekolah menurut BPOM, antara lain:

1. Pilih Jajanan dengan Kondisi yang Baik

Sebelum membeli makanan, pastikan kondisinya masih segar dan tidak basi. Penjual jajanan kadang tetap menjual makanan sisa jualan hari sebelumnya tanpa memperhatikan kondisi makanan tersebut. Hindari membeli makanan yang telah berlendir, berubah warna atau berubah bau.

2. Hindari Membeli Jajanan dengan Warna Mencolok

Beberapa pedagang menambahkan zat pewarna rhodamin agar makanan lebih menarik perhatian anak-anak. Padahal rhodamin merupakan zat pewarna yang biasanya digunakan untuk pewarna tekstil atau percetakan, yang berbahaya jika digunakan untuk makanan.

3. Hindari Jajan Makanan yang Mengandung Bahan Berbahaya

Beberapa pedagang nakal kadang menambahkan formalin pada proses pembuatan mie basah dengan tujuan agar mie lebih tahan lama hingga 7 hari. Selain itu, himbau anak Anda untuk menghindari jajanan seperti cilok, cimol dan cireng karena beberapa penjualnya kadang menambahkan borax agar teksturnya lebih kenyal.

4. Belilah Makanan yang Dijajakan dalam Keadaaan Tertutup

Para penjual gorengan yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan dalam keadaan terbuka akan membuat makanan tercemar mikroba dan kuman patogen dari debu-debu jalanan. Belilah makanan yang dijajakan dalam kemasan yang lebih tertutup untuk menghindari paparan debu dan kuman.

BAHAN TAMBAHAN MAKANAN (BTM) YANG BERBAHAYA

Image

Beberapa bahan tambahan makanan yang berbahaya yang dapat menimbulkan dampak negative bagi kesehatan antara lain :

  1. Formalin, formalin merupakan bahan pengawet makanan yang berbahaya. Beberapa produk makanan yang sering ditemukan menggunakan formalin sebagai bahan pengawet adalah mie telur, ikan asin, bakso. ormalin bagi tubuh manusia diketahui sebagai zat beracun, karsinogenik yang menyebabkan kanker, mutagen, korosif dan iritatif. Paparan kronik formalin dapat menyebabkan sakit kepala, radang hidung kronis (rhinitis), mual – mual gangguan pernapasan  baik batuk kronis atau sesak nafas kronis. Ganggua pada pada persyarafan berupa susah tidur, sensitive, mudah lupa, sulit konsentrasi. Pada perempuan gangguan menstruasi dan infertilitas. Penggunaan formalin dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan
  2. Boraks, boraks merupakan bahan pengenyal berbahaya yang sering digunakan pada bakso. Boraks bersifat akumulatif terhadap kesehatan (terkumpul sedikit demi sedikit dalam otak, hati dan testis (alat kelamin pria). Kalau dosisnya sudah tinggi bias timbul bias timbul pusing – pusing, muntah, mencret, kram perut, bahkan kematian.
  3. Sakarin, sakarin merupakan bahan pemanis buatan yang berbahaya. Biasanya digunakan pada produk es sirup. Sakarin dapat menyebabkan kanker kantung kemih dan bersifat karsinogenik pada binatang
  4. Siklamat, siklamat merupakan bahan pemanis buatan berbahaya yang biasanya diigunakan pedagang dalam pembuatan sirup. Siklamat berpotensi menyebabkan pengecilan testicular dan kerusakan kromosom
  5. Rhodamin, rhodamin B merupakan bahan pewarna merah untuk tekstil, namun ada beberapa pedagang nakal yang menyalahgunakan sebagai pewarna limun, sirup, permen, ikan asap, sosis, macaroni goring, terasi. Rhodamin B dapat memicu kanker, keracunan, iritasi paru – paru, mata, tenggorokan, hidung dan usus, ketika diujikan pada mencit dan tikus menimbulkan efek pertumbuhan badan yang lambat dan munculnya sifat gelisah
  6. Metanil Yellow, bahan makanan berbahaya yang sering dipakai sebagai pewarna kerupuk, makanan ringan, kembang gula, sirup, manisan. Zat pewarna ini biasanya memiliki warna lebih terang dan memiliki rasa agak pahit. Metanil yellow dapat menyebabkan kanker, keracunana, iritasi paru – paru, mata tenggorokan, hidung dan usus.

NUTRISI YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT MENSTRUASI DAN KEGIATAN POSITIF YANG MENYEHATKAN SAAT MENSTRUASI

Gambar

Menstruasi sering kali menyiksa sebagian besar wanita. Perut keram, mual, emosional dan pusing merupakan gejala saat sedang menstruasi.

Jenis makanan tertentu yang dikonsumsi, diyakini membawa pengaruh baik pada siklus menstruasi. Inilah daftar makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi, seperti dikutip dari Sheknows:

1. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat
Karbohidrat diperlukan untuk peningkatan triptofan ke otak. Triptofan sebagai putridhis serotonin yang berfungsi untuk relaksasi dan meredakan rasa sakit.

Saat menstruasi hindari makanan yang manis. Jika Anda penyuka manis ganti dengan makan buah-buahan.

 “Sebaiknya saat menstruasi, hindari konsumsi gula yang berlebihan. Kandungan gula pada buah adalah makanan yang baik untuk si penyuka makanan manis, “ujar Tari Rose, konsultan fitnes dan kesehatan.

Bagi Anda yang sedang berdiet, cobalah mengonsumsi buah-buahan seperti aprikot, jeruk, plum, pir, ketimun, jagung dan wortel.

2. Hindari kafein
Mengurangi asupan kafein dapat membantu mengurangi kembung dan sakit pada perut. “Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan usus akan sangat sensitif,” ujar chef profesional dan pakar hidup sehat, Jennifer Iserloh.

3. Makanan yang kaya kalsium
Konsumsi kalsium 1000 -1300 mg sehari dari makanan kaya kalsium mengalami peningkatan signifikan dalam suasana hati, perilaku, rasa sakit dan kembung selama siklus haid. Menurut penasehat kesehatan holistik dan ahli gizi, Latham Thomas, wanita perlu mengonsumsi kalsium, terutama pada masa menstruasi. “wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari,” ungkap Latham.

Beberapa sumber kalsium yang baik bisa didapatkan dari konsumsi brokoli dan yoghurt.

4. Hindari garam
Cara terbaik untuk mengontrol asupan garam adalah dengan menghindari makanan siap saji, yang biasanya mengandung banyak garam.

5. Dark chocolate
Di waktu senggang, ada baiknya Anda menikmati sepotong dark chocolate dengan kandungan cacao 60 persen setiap hari selama periode menstruasi. Dark chocolate memiliki antioksidan yang dapat membantu meningkatkan serotonin untuk memperbaiki mood Anda.

6. Minum air putih
Banyak minum air putih dari biasanya dapat membantu meringankan kembung di perut Anda. Selain itu air putih dapat mencegah sembelit yang seringkali dirasakan di saat menstruasi.

7. Magnesium
Makanan yang kaya magnesium seperti kacang-kacangan, tahu dan kacang tanah dapat mengurangi kembung saat menstruasi. Magnesium juga dapat membantu mengurangi penyimpanan cairan di dalam tubuh.

8. Konsumsi vitamin
Vitamin E dapat menghilangkan beberapa gejala PMS. Sekitar 400 unit vitamin E sehari dapat mengurangi payudara bengkak. Sumber Vitamin E  terdapat pada alpukat dan kuning telur. Vitamin B6 juga dapat membantu untuk meringankan kembung dan mengurangi gejala depresi akibat menstruasi. Selain itu, Vit B6 dapat membantu mengeluarkan air lewat ginjal, 50– 100mg/hr.Anda dapat menemukannya dalam kentang, pisang dan oatmeal. Vitamin lainnya yang baik dikonsumsi adalah vitamin C. Temukan vitamin C dalam anggur dan lemon.

9. PROTEIN

Protein, terutama protein susu karena mengandung alfa laktalbumin yang berfungsi dalam meningkatkan imunitas tubuh, komponen dalam putrid saraf dan meningktakan ketahanan tubuh terhadap stress

10. Lemak tak jenuh atau omega 3 dapat meredakan payudara yang bengkak, depresi, mudah marah, kembung dan retensi cairan. Penderita PMS disarankan meningkatkan asupan omega-3 fatty acid (kebanyakan ditemukan dalam makanan laut ) dan minyak nabati

11. Karena saat PMS terjadi ketidakseimbangan hormon, hormon estrogen lebih banyak dari pada hormone progesteron, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi kedelai, sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian karena dapat membantu keseimbangan hormon.

Diet OCD??Hmmm…

OCD (Obesive Corbuzier Diet) dari pandangan ahli gizi

Belakangan ini lagi hangat-hangatnya cerita tentang metode diet yang dipopulerkan oleh salah satu public figure di Indonesia. Bagi yang rajin nonton tv, twitteran, magician, atau yang sudah putus asa dengan berbagai macam metode diet pasti sudah sangat mengerti kemana arah pembicaraan saya. Yep, betul yang akan saya bicarakan adalah metode diet OCD (Obesive Corbuzier Diet).

Tulisan ini bukan untuk menentang apa yang sudah dicetuskan dan bahkan mungkin sudah banyak dianut serta dijalankan, karna mungkin bagi Anda yang menjalankan diet ini dan merasakan adanya perbedaan yang berarti, silahkan simak tulisan ini untuk menambah kekayaan pengetahuan Anda tentang ilmu gizi.

Kita lihat prinsip diet OCD ini, secara sekilas menurut metode ini kita

1. Puasa (16 jam, 18 jam, atau 20 jam).

Betul, puasa memang tidak mengarahkan kepada kejadian penyakit tertentu, tapi ingat ada rentang waktu puasa yang baik untuk tubuh sehingga tidak mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. That’s why dalam puasa, kita mengenal istilah sahur dan berbuka. Hal ini tidak semata-mata untuk mengilangkan rasa lapar, karna rasa lapar yang datang dari perut masih bisa dikendalikan namun jika tubuh yang kelaparan maka akan muncul berbagai gangguan.

2. Puasa akan memproduksi growth hormone, dan mengendalikan pengeluaran insulin.

Betul, pengendalian pengeluaran insulin memang perlu, terutama dalam pencegahannya terhadap diabetes. Akan tetapi yang harus dicermati adalah, ada level dimana growth hormone tersebut akan berhenti diproduksi dan produksinya akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, penurunan produksi grwoth hormone terjadi karena pada usia dewasa kita tidak membutuhkan hormone ini dalam jumlah banyak, jika kita memaksa tubuh untuk memaksa memproduksi growth hormone pada usia dewasa maka yang terjadi adalah peningkatan sensitivitas tubuh terhadap sel kanker. Kanker memang tidak akan dirasakan dalam waktu dekat, hanya saja jika metode ini dilaksanakan dalam waktu berkepanjangan, maka kita harus bisa menurunkan kembali tingkat sensitivitas tubuh terhadap sel kanker ini. Bisa dengan cara meningkatkan konsumsi sayuran yang banyak mengandung beta karoten, berbagai makanan yang mengandung antioksidan, dan menghindari paparan radikal bebas.

3. Prinsip menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan energi dan atau meningkatkan pengeluaran energi.

Nah, ini saya sangat setuju, karna memang kalau asupan kalori kita lebih kecil dari kebutuhan kalori harian tubuh, jika hal ini terjadi berkelanjutan maka yang terjadi adalah tubuh kita akan kehilangan berat badan. Begitu juga sebaliknya, jika total asupan kalori harian kita selalu melebihi total kebutuhan tubuh, maka yang terjadi adalah peningkatan berat tubuh. Hal ini tidak terkait dengan frekuensi makan, tapi TOTAL ASUPAN. Akan tetapi, yang harus kita pahami, bahwa tubuh memiliki angka BMR (Bassal Metabolic Rate), merupakan kebutuhan energi minimal yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melangsungkan fungsi organ-organnya. Jadi, kita boleh mengurangi asupan total kalori, tapi jangan sampai kurang dari angka BMR, karna jika kurang dari BMR, maka yang terjadi kemudian adalah kegagalan fungsi beberapa organ vital tubuh. Jadi, bagi Anda yang sedang bernafsu menurunkan berat badan, jangan sampai keluar dari konteks ini, selain akan menimbulkan kerusakan berbagai fungsi organ, hal ini juga sangat memungkinkan terjadinya yoyo syndrome. Yaitu, berat badan yang akan kembali lagi dengan jumlah yang lebih besar dari kehilangan akibat berhentinya diet.

4. Jendela makan

Saya memandang bahwa jendela makan ini adalah strategi untuk menurunkan total asupan kalori. Jadi, ini tidak ada bedanya dengan skip waktu makan. Coba kita fikir sama2, ketika seseorang diberi waktu makan selama 4 jam dalam sehari, mungkinkah dia akan makan besar sebanyak 3x? Tidak kan?

Menurut saya, ini cerdas, tapi kita harus cerdik dan detail ketika kita dihadapkan dengan adanya iformasi baru, terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Intinya diet ini hanya bisa dijalankan oleh orang dewasa yang sehat dengan kondisi hormonal yang normal.